Laporan Pembuatan Usaha
Kopi Kombur Sidikalang
D
I
S
U
S
U
N
Oleh :
Ø
Lungguk AS Situmorang ( 13 2100 11 )
Ø
Yanti Tampubolon ( 13 2100 33 )
Ø
Sahat M Rumahorbo ( 13 2100 05 )
Ø
Darma Tambunan ( 13 2100 48 )
Ø
M.Hari Saputra ( 13 2100 26 )
JURUSAN
TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS
TEKNOLOGI INDUSTRI
INSTITUT
TEKNOLOGI MEDAN
TAHUN
2016
Kata Pengantar
Segala puji dan
syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Kuasa karena atas berkah dan
rahmat-Nya Saya bisa menyusun proposal ini dengan sebaik-baiknya
Dalam penyusun
proposal ini Saya tentu menjumpai beberapa hambatan, namun berkat
dukungan dari berbagai pihak akhirnya Saya dapat
menyelesaikan proposal ini dengan sebaik-baiknya, oleh karena itu
melalui kesempatan ini Saya sebagai penyusun mengucapkan terimakasih
sebesar-besarnya kepada berbagai pihak terkait yang telah membantu Saya
menyelesaikan proposal ini.
Segala sesuatu
yang salah datangnya dari manusia yaitu Saya sendiri sedangkan segala sesuatu
yang benar datangnya hanya dari Tuhan yang Maha Kuasa, untuk itu Saya mohon
maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam penyusunan proposal ini masih terdapat
berbagai kesalahan baik itu dalam penulisan atau tata bahasa, dan kritik
beserta saran yang membangun sangat Saya harapkan guna untuk memperbaiki
kesalah-kesalahan pada tahap selanjutnya.
Semoga proposal
ini bermanfaat khususnya bagi Saya sebagai penyusun umumnya untuk semua pihak
pembaca.
Medan, 24 Juni 2016
Penyusun
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Nama
dan Alamat Perusahaan
Nama
perusahaan :
Kopi Kombur Sidikalang
Alamat
perusahaan :
Jl. meranti no.18 Medan
No
telp : 082304063142
1.2. Nama
dan Alamat pemilik
Nama
pemilik :
Lungguk AS Situmorang
Alamat
pemilik :
Jl.meranti no 18 medan
No
telp :
082304063142
BAB II
RANGKUMAN EKSEKUTIF
2.1. Latar
Belakang
Dairi adalah salah satu kabupaten di sumatera utara dengan
luas wilayah 230.000 hektare dan jumlah penduduk 270.000 jiwa. Dairi terkenal sebagai penghasil kopi di dunia dengan
nama generik kopi Sidikalang. Dairi jugamemiliki kekayaan sumbar daya
alam seperti tambang zeng dan timah hitam yang merupakan tambang terbesar di dunia dengan
jumlah deposit 20 juta ton.
Selain subur dan memiliki potensi tambang, Dairi juga memiliki panorama alam yang sangat indah seperti pantai silalahi yang berada di kawasan Danau Toba bagian barat.
.Dan fasilitas wisata iman di perbukitan Sitinjo 10 km sebelum kota Sidikalang.
Selain subur dan memiliki potensi tambang, Dairi juga memiliki panorama alam yang sangat indah seperti pantai silalahi yang berada di kawasan Danau Toba bagian barat.
.Dan fasilitas wisata iman di perbukitan Sitinjo 10 km sebelum kota Sidikalang.
Sidikalang adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi,
Sumatera Utara.
Sidikalang adalah ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di daerah pegunungan. Udara yang sejuk ditambah jumlah penduduk yang masih seimbang dengan luas wilayah menjadikan Sidikalang kota yang enak dijadikan tempat tinggal.
Sidikalang adalah ibukota Kabupaten Dairi yang terletak di daerah pegunungan. Udara yang sejuk ditambah jumlah penduduk yang masih seimbang dengan luas wilayah menjadikan Sidikalang kota yang enak dijadikan tempat tinggal.
Para Mahasiswa sangat identik dengan yang namanya suntuk, galau, resah, dan
gelisah, baik karena tugas, organisasi, dosen, dan pihak-pihak lain yang
bersangkutan. Kami membuka Kopi Kombur Sidikalang diperuntukan
bagi kaula muda dan para Mahasiswa untuk refreshing dari penatnya
berbagai aktivitas yang telah di jalani dengan nuansa santai dengan di temani
secangkir kopi merupakan moment yang pas untuk nongkrong dan berbagi cerita
bersama teman, pasangan, dan lain-lain.
Usaha ini berdiri karena kegemaran kami kepada kopi dan kepada buku yang
kami anggap sebagai teman setia dalam situasi apapun. Kopi Kombur Sidikalang
akan di dirikan di medan dengan konsep “nongkrong hemat bermanfaat”.
Dengan harga yang bersahabat Kopi Kombur Sidikalang memberikan
berbagai fasilitas khususnya buku bacaan untuk menemani pengunjung yang gemar
membaca baik fiksi maupun non-fiksi. Kami memilih buku sebagai fasilitas utama
dalam perusahaan ini karena mengingat minat baca para anak muda jaman sekarang
ini menurun, dan Kami berharap dengan adanya Kopi Kombur Sidikalang bisa
meningkatkan minat baca Mereka. Selain berbagai macam buku Kami juga memiliki
fasilitas tambahan seperti alat musik bagi pengunjung yang suka akan musik, dan
wifi bagi pengunjung yang hanya sekedar ingin nongkrong sambil browsing
berbagai hal dari tugas kuliah sampai hal yang paling tidak penting sekalipun.
2.2. Visi,
Misi, dan Strategi Perusahaan
2.2.1 Visi perusahaan
Menjadi kedai kopi yang
mampu berkompetisi dan mempunyai daya saing yang tinggi.
2.2.2 Misi perusahaan
a. Memberikan
layanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen
b. Menyajikan
makanan dan minuman yang berkualitas dengan harga terjangkau
2.2.3 Strategi perusahaan
Memberikan pelayanan dan
fasilitas yang membuat pengunjung merasa nyaman, dan menjadikan diferensiasi
sebagai strategi utama perusahaan.
2.3. Lokasi
Jl. meranti dipilih sebagai
lokasi perusahaan Kami karena lokasi itu merupakan tempat yang stretegis dan
berada di pusat Kota medan sehingga akan mudah bagi Kami untuk menarik para
konsumen untuk singgah di kedai kopi Kami.
2.4. Bangunan
/ Tempat yang di butuhkan
Bangunan / tempat yang kami
butuhkan untuk mendirikan bisnis ini adalah sekitar 500 m², dengan tempat makan
in-door dan out-door, panggung musik, tempat buku, parkiran, kamar mandi,
mushola, dan dapur.
2.5. Waktu
Operasional
Kopi Kombur
Sidikalang dibuka mulai
pukul 15.00 WIB sampai dengan 02.00 WIB.
2.6. Kesan
/ Counter Style
Kesan yang akan kami bangun
dalam melayani pelanggan yaitu”Comfortable and High Quality Service”
sehingga pelanggan merasa nyaman ketika berada dalam pelayanan Kami, dan
membuat pelanggan selalu ingin kembali ke kedai kopi Kami karena pelayanan
berkualitas yang dapat memuaskan semua pelanggan.
2.7. Konsep
Promosi
Konsep promosi yang akan
Kami lakukan yaitu dengan cara membuat iklan media cetak seperti pamflet,
baner, brosur, dan membuat katalog yang berisi produk-produk yang kami pasarkan
serta mempromosikan bisnis ini di Social-media agar masyarakat bisa lebih mudah
mengetahuinya. Selain itu Kami juga mengandalkan informasi dari pelanggan ke
pelanggan atau dengan cara dari mulut ke mulut.
2.8. Target
Pelanggan
Target pelanggan kedai kopi
Kami adalah para Kaula Muda dan Mahasiswa karena pada masa-masa itu merupakan
masa dengan tingkat kebutuhan refreshing yang lebih tinggi di bandingkan dengan
Orang Tua atau Anak-anak.
BAB III
ANALISIS INDUSTRI
3.1. Prespektif
Masa Depan Usaha
Dengan terciptanya
perusahaan yang bergerak dalam bidang perdagangan khususnya makanan dan minuman
dengan lokasi yang strategis dan nuansa yang terkesan lebih santai membuat Kami
yakin usaha ini akan mengalami kemajuan yang signifikan seiring dengan
kebutuhan para Kaula Muda dan Mahasiswa akan tempat hang-out.
3.2. SWOT
3.2.1 Strenghts
(kekuatan)
Ø Harga terjangkau
Ø Kualitas baik dan terjamin
Ø Tersedia berbagai jenis kopi serta berbagai minuman
dan makanan.
Ø Memiliki ciri khas yang tidak di miliki oleh
kedai lain
Ø Fasilitas lengkap
Ø Tempat yang bersih dan nyaman
Ø Pelayanan yang memuaskan
Ø Lokasi strategis
3.2.2 Weakness
(kelemahan)
Ø Keberadaan bahan baku yang baik dan berkualitas
sangat minim
3.2.3 Oportunities
(peluang)
Ø Terdapat banyak masyarakat khususnya anak muda
yang konsumtif terhadap kopi
Ø Permintaan pasar yang selalu meningkat
3.2.4 Threats
(ancaman)
Ø Muncul pruduk baru yang lebih unggul
Ø Kenaikan harga bahan baku karena terbatas
Ø Adanya kompetitor yang lebih di kenal masyarakat
3.3. Sumber
Bahan Baku
Untuk sumber bahan baku atau suplier biji kopi, Kami akan mengambil suplier
bahan baku yang terjamin dan sudah terbukti kualitasnya, sehingga kami bisa menyajikan
produk yang berkualitas dan tidak mengecewakan pelanggan karena sesuai dengan
Misi perusahaan kedai kopi kami bahwa kepuasan pelanggan adalah nomor satu.
BAB IV
DESKRIPSI USAHA
4.1. Produk
yang di hasilkan
Adapun kualitas produk yang Kami
hasilkan yaitu :
Ø Berkualitas dan dapat memuaskan pelanggan
Ø Berbagai macam kopi dan minuman lain
(aneka juice, coklat panas, lemon tea, dll) serta makanan yang memiliki cita
rasa tinggi
4.2. Ruang
lingkup usaha
Ruang lingkup usaha kedai
kopi ini akan Kami rancang sebaik-baiknya karena semua itu dapat memberikan
pengaruh yang sangat besar terhadap maju mundurnya perusahaan Kami.
Perusahaan Kopi Kombur
Sidikalang terletak di Jl. meranti No 18 – Medan. Menurut Kami, jika
dilihat dari lokasi berdirinya perusahaan, kedai ini sudah memenuhi persyratan
berdirinya sebuah perusahaan, karena lokasi perusahaan ini merupakan lokasi
yang sangat strategis dan akses transportasi ke lokasi perusahaan juga suangat
lancar sehingga memudahkan pelanggan untuk mengunjungi kedai kopi Kami.
4.3. Personalia,
Perlengkapan dan Peralatan
4.3.1 Personalia
Penanggung
Jawab :
Yanti Tampubolon
Pemilik :
Lungguk AS Situmorang
Sekretaris :
Sahat M Rumahorbo
Keuangan :
4.3.2 Perlengkapan
Ø Blender
Ø Gelas, piring, sendok, garpu dan pisau
Ø Mesin kasir
4.3.3 Peralatan
Ø Coffee making machine
Ø Ice crush machine
Ø Ice making machine
Ø Meja kasir
Ø Meja dan kursi pengunjung
BAB V
RENCANA PEMASARAN
5.1. Penetapan
harga
Harga yang akan kami
tetapkan di Kopi Kombur Sidikalang adalah harga yang dapat di
jangkau semua kalangan masyarakat. Setelah kami pertimbangkan dengan sangat
matang kami akan menetapkan harga awal dari produk kami seperti yang ada pada
tabel di bawah ini :
No
|
Jenis Produk
|
Harga Produk
|
1
|
Espresso
|
Rp. 9000
|
2
|
Espresso Macchiato
|
Rp. 9.000
|
3
|
Espresso Conpanna
|
Rp. 9.500
|
4
|
Americano
|
Rp. 11.000
|
5
|
Cappuccino
|
Rp. 10.000
|
6
|
Cafe Latte
|
Rp. 15.000
|
7
|
Flat White
|
Rp. 12.000
|
8
|
Cafe Breve
|
Rp. 14.000
|
9
|
Cafe Mocha
|
Rp. 15.000
|
10
|
White Coffee
|
Rp . 8.000
|
11
|
Mocaccino
|
Rp. 12.000
|
12
|
Chochoccino
|
Rp. 12.000
|
13
|
Dry Cappuccino
|
Rp. 13.000
|
14
|
Cafe au lait
|
Rp. 16.000
|
15
|
Nescafe
|
Rp. 12.000
|
17
|
kopi Tubruk
|
Rp. 10.000
|
18
|
Java Gold
|
Rp. 8.000
|
19
|
Kopi Joss
|
Rp. 5.000
|
20
|
Kopi Luwak
|
Rp. 50.000
|
5.2. Pelaksanaan
Distribusi
Distribusi yang akan di
lakukan oleh perusahaan kami yaitu menarik pelanggan sebanyak mungkin dan
mendekati mereka dengan menggunakan strategi “costumer value added” agar
penjualan dan laba perusahaan kami dapat meningkat seperti yang di harapkan dan
para pelanggan Kopi Kombur Sidikalang merasa puas berada
dalam pelayanan kami.
5.3. Strategi
promosi
Strategi yang akan kami
terapkan di Kopi Kombur Sidikalang yaitu :
Ø Membuat pamflet, banner dan brosur yang
berisikan produk-produk yang akan kami jual dan menyebarkannya di tempat-tempat
yang banyak di jangkau oleh masyarakat luas.
Ø Memasang iklan di dunia internet khususnya
social-media seperti facebook atau twitter yang banyak di ketahui oleh para
Kaula muda
Ø Membuat catalog yang berisikan tentang keadaan
Enjoy Book Coffee dan berbagai macam produk yang ada, dari mulai menu utama
sampai menu yang lainnya.
5.4. Skedul
kegiatan
Kegiatan
|
Minggu ke
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Survey awal
|
ü
|
|||
Pembangunan Gedung
|
||||
Penataan tempat
|
||||
Uji coba produk
|
||||
Operasional
|
BAB VI
PERENCANAAN PERMODALAN DAN LABA
7.1. Sumber
Modal
Sumber modal awal pendirian Kopi
Kombur Sidikalang yaitu dari pemilik dan pinjaman Bank serta dari
investor yang ingin menanamkan modalnya di kedai Kami.
7.2. Perencanaan
Laporan Keuangan
I. Estimasi
Laporan Laba-Rugi
Perkiraan laba / rugi Enjoy
Book Coffee untuk tahun pertama, yaitu :
Laporan Laba Rugi
Kopi Kombur
Sidikalang (Dalam
ribuan rupiah)
Penjualan Rp.
8.239.500
Biaya operasional :
Biaya
Gaji Rp.
661.200
Biaya
pemasaran Rp. 2.040
Listrik,
air,
telp Rp. 12.000
Administrasi Rp. 1.000
Pajak Rp. 50.000
Pemeliharaan Rp. 2.000
Asuransi Rp. 11.000
Rp. 739.240
Rp. 7.500.260
Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ustazd hakim,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti apapun saran beliau syukur alhamdulillah Cuma 3 hari uang 5m yg saya minta itu terlihat jelas di depan mata saya sekarang saya bisa sukses seperti ini bisa beli rumah usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ustazd hakim berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak jika teman2 berminat yakin dan percaya silahkan hub ustazd hakim di nmr 082281871557 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,Wassalam.(tampah tumbal dan aman)
ReplyDelete